TIPS Membuat Rencana

Assalamualaikum fellas….

Uhuy, apa kabar? LOoOL

Pagi ini adalah hari ke 4 sebelum umur saya bertambah, dan H-2 sebelum liburan menyenangkann.. So, Alhamdulillah, makasih banget ya Allah,, sudah memberikan sedemikian rupa nikmatnya. πŸ™‚

kalimat, pagi ini

Nah kalau lagi senang saya suka banget amaa yang namanya nyusun rencana. Dan sepertinya, semester depan itu bakalan indah banget, jadinya tambaha semangat deh nyusun rencana. Saya udah tergila-gila dengan yang namanya rencana, sejak baca Ayat-Ayat Cinta nya om Habiburrahman… disitu kan diceritakan kalau misalnya Fahri dan Aisha suka membuat rencana rencananaya, baik rencana mingguan, harian, bahkan per 5 tahun. So, dari situ tuh saya selalu berusaha, dan merasa lebih aman setelah membuat rencana πŸ™‚

Rencana itu memang penting untuk membangun mimpi, menyemangati diri kita sendiri, sampai pada akhirnya dengan rencana itu kita bisa sadar bahwa kita udah setengah jalan untuk mewujudkan mimpi kita dan foila.. kita sudah mendapati diri bercengkrama dengan mimpi. πŸ™‚

TIPS MEMBUAT RENCANA πŸ™‚

1. Rencana ga melulu bentuknya kegiatan, tapi rencana untuk menjadi pribadi seperti apa juga boleh.

2. Bagusnya, rencana dibuat dari yang jangka panjang dulu, jadi kamu bisa melihat jelas keinginan kamu, dan cara mewujudkannya bisa diimplementasikan dalam rencana harian kamu

3. Rencana jangka panjang yang paling baik yang bisa kita buat adalah “Proposal Hidup”.. buka link ini, kalau mau tahu detail.
uhm jangan diliat aj.. sekalian disave ya langkah-langkahnya.. terus juga dibuat tuh proposal hidupnya

Nah, ada yang lagi proses membuat? atau ada yang ngerasa ngebuatnya ntar? bolehdeh lanjut nih tipsnya yak..

4. Rencana jangka panjang selanjutnya adalah rencana per lima tahun.. kenapa lima? karna 5 tahun adalah jangka yang tepat untuk melihat proses perubahan, setidaknya dalam 5 tahun kamu bisa berada dalam dua posisi (kalau kamu move forward ya).. bisa sudah mencapai mimpi atau sudah di perjalanan yang hampir mencapai mimpi :). Ya.. dalam menulis rencana ini bisa ditulis gedegede di karton yang gede (karna inilah impian sederhana hidup kita), rencana 5 tahun adalah rencana yang paling oke ditempel didinding atas meja belajar atau disamping cermin kita :). Pas bagian rencana ini, jangan tulis kalimat panjangpanjang, cukup 3 kata untuk focus kita. Dan jangan lupa kasih senyum cantik dan nyatakan BISA!!! Disekililing tulisan itu πŸ™‚ Insha Allah semangat banget deh kalau liat tulisantulisan itu πŸ˜‰

Lanjuttt  Bisa?

5. Yak, rencana paling asik selanjutnya adalah rencana tahunan yeahh!! Sebagai mahasiswa seperti saya tahun saya dimulai sekitaran Juli (eh ga ding).. tetep pas Januari.. rencana tahunan adalah target target lebih mendatail untuk mengakselaerasikan eh meningkatkan diri kita. Nah disini nih kita bagi aspek-aspek diri kita. Kalau saya membagi aspek seperti Miss Indonesia versi (berusaha menjadi) sholehah πŸ˜› . So, I have to think about my Brain, Beauty, and Behaviour dan Target Amal Shalihah . Untuk brain, ga Cuma akademik tapi bisa juga kita bikin target untuk speciality kita, misalnya kalau yang keahliannya nyanyi bisa tuh bikin target, berapa lagu yang di cover di youtube .. ;).. dan di section brain ini saya juga memasukkan soal finance loh ;). Kalau soal beauty, itu ga jauh hubungannya ama sport, food, and wardrobe… Berapa baju dan aksesori yang harus dibeli misalnya dalam satu tahun πŸ˜› . Dalam pem-plot-an (?) behaviour .. kita bisa nargetin sikap mana yang harus dibuang, parameternya ya kita bikin sendiri, seperti udah sering senyum ama orang belum, udah bisa ga marahin adek dengan suara keras belum? Abstrak memang tapi sangat lebih baik jika kita merencanakan dan menargetkanuntuk berubah kan? πŸ˜€ dan last but not least, Target Amal Shalihah.. Nah ini nih, target mupuk pahala, tidak muluk muluk, yang penting lebih baik dari tahun sebelumnya dan bisa continuous πŸ™‚

Panjang amat yak penjelasannya πŸ˜›

6. Target bulanan.. target yang biasanya saya special kan untuk target financial.. *if you know what I mean πŸ˜›

7. Usually, saya ngambil kalender lucu.. alias kalender kotak kotak.. dan nandain hal-hal penting disitu.. Kapan mau puasa, beli kado ulang tahun siapa, hari apa aj yang bisa jogging, kapan harus belajar, dll. Emang sik, ribet,, tapi asik dan pada akhirnya helpful abis.. emang susah si nemu kalender yang asik untuk di tanggalin.. tapi yang oke itu biasanya notebook hadiah majalah di awal tahun itu ada deh yang ginian. Saya juga pengen nyoba bikin kalender sendiri nih.. kapan-kapan deh  semogaa bisyaa..

contoh calendar D.I.Y

8. Pada akhirnya nemu yang paling ribet nih, si jadual harian.. kalau Fahri AAC tu yah, nyusun jadwal harian per jam.. kalau saya engga dehh.. masih belum serajin itu.. jadual harian ini terutama untuk Target Amalan Sholehah, soal ngaji, sholat tepat waktu, dan juga yang paling asik (penting) adalah soal infaq,, kadang harus memaksa diri sendiri untuk buat amalan yang (lumayan) banyak.. nah si jadual harian inilah yang membantu kita malu, kalau ngeliat kenyataannya.. dan jadwal harian juga paling bagus untuk nge-arrange event besok,, jadi bisa ditimbang timbang nih kapan harus bangun, kapan berangkat.. dll.. Kalau buat yang males, jadwal harian detail ga perlu ditulis tapi cukup diinget etapi kalau ada yang penting banget tulis aja dihape

9. Jangan lupa evaluasi –just if u have a good time- misalnya malam sebelum tidur ditemanin ama teh manis, sama buah asik banget. . Another time buat evaluasi target adalah hari ulang tahunmu, atau bahkan saat kamu desperate.

So.. Have a nice Plan..

You just have to Trust God and Trust Yourself.. Your dream will be come true. Insha Allah πŸ˜‰ Bismillah πŸ˜‰

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s