Ah, Hari Pertama Kerja! Harus Apa?

 

Kapanpun dan dimana pun menjadi anak baru itu selalu…. membuat gugup, kan? Ingat tidak, dulu saat pertama kali masuk kuliah, saat pertama kali masuk organisasi kampus. Atau bahkan ketika pertama kali bertemu keluarga besar, kadang kadang ada perasaan gugup atau setidaknya perasaan malu. Nah ketika dihadapkan pada lingkungan kerja, kita akan berhadapan dengan masalah yang sama, namun dengan keadaan yang lebih kompleks. Misalnya, tugasan yang lebih rumit dan bertemu dengan rekan kerja dengan latar yang beragam.

 

 

Minggu pertama akan menjadi minggu yang tepat untuk membangun kredibilitas. Tidak mudah memang, karna saat itu semua perhatian di tujukan padamu . 😀

Menjalankan tugas dari atasan dengan baik itu adalah harga mati untuk menjadi cemerlang di tempat kerja. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjalin hubungan dengan rekan kerja. Karena, kita membutuhkan mereka untuk tahu seluk beluk perusahaan, tempat makan siang murah sekitar kantor, bahkan mungkin mereka akan memberikan tips-tips yang meringankan pekerjaan kita.

Memberikan kesan pertama dengan baik itu agak sedikit tricky. Jika racikannya kurang pas, kamu akan dicap sebagai loner-lah, tidak mudah bergaul- lah, sombong-lah. Ketika terlalu berlebihan, rekan kerja kamu mungkin merasa tidak nyaman atau bahkan mengecap kamu sebagai freak.

Berikut Do’s and Don’ts untuk kamu-kamu yang bersiap siap menjadi anak baru di lingkungan kerja.

Do’s :

  • Mengingat Nama

Tidak mudah memang, apalagi jika kamu seperti saya yang punya short-term memory kalau sudah namanya mengingat nama dan wajah. Tapi, usahakan yah! Karna saat kamu mengingat nama rekan kerja kamu, itu seperti pujian halus untuk mereka. Mereka akan merasa dihormati dan dianggap penting. Tapi, jika kamu berusaha dan masih ga mampu mengingat nama, yah jangan malu bertanya lagi tentang nama mereka! 😉

 

  • Buatlah Kotak Kepribadian

Kotak kepribadian berarti kotak yang berisi kumpulan sifat-sifat umum rekan kerja kamu. Dengan adanya kotak yang berbeda-beda ini, kamu bisa memberikan perlakuan yang berbeda kepada setiap orang menurut kepribadiannya. Bukan bermaksud menjadi bunglon atau penjilat, tapi hanya berusaha bermain cerdas. Kotak kepribadian ini berguna banget loh kalau mau naik jabatan.

 

  • Kenalkan Dirimu

Tunjukkan dirimu kepada semua rekan kerja. Iya, semua. Tetapi harus dipilah seberapa penting orang tersebut perlu tau dirimu. Misalnya perkenalan kamu dengan rekan kubikel sebelah harus berbeda dengan perkenalan kamu dengan satpam di depan pagar. Untuk beberapa orang yang tidak terlalu berhubungan dengan kita, cukup di awali dengan senyum dan sapaan “Hai Selamat Pagi”.

PS: Jangan membeberkan akun sosial media kamu ke semua orang ya. Kan kamu ga mau, rekan kerja kamu yang baru kenal satu hari, langsung tau soal kamu yang masih berharap sama mantan yang dulu 😛

Don’ts:

  • Terlalu berusaha

Sebagai anak baru, kita harus pandai menangkap sinyal dan kesempatan-kesempatan yang lewat. Jika kamu adalah seseorang yang super extrovert seperti saya, lebih baik jika menahan sikap heboh tersebut dan berusaha bersikap tenang, hingga akhirnya mereka mengenal kamu dengan baik.

 

  • Bergosip

Bergosip melalui apa saja itu, termasuk sosial media itu adalah SUPERHAROM bagi anak baru. Ingat, kita cuma anak kemarin sore yang bukan siapa-siapa, bahkan kita kan tidak kenal baik dengan mereka.  Jadi ketika di hadapkan ditengah-tengah keriuhan gossip, usahakan bersikap netral ya.

 

PS: no mention itu juga pemancing gossip loh! 😉

 

  • Negatif

Ketika rekan kamu bertanya, gimana kerjaan kamu hari ini? Usahakan lah untuk menjawab se- positive mungkin. Pun ketika, kamu lelah dengan deadline yang ada, jadilah anak baru yang tegar, karna rekan kamu juga mengalami hal yang sama. Stop nagging, and deal with the problems. Jangan lupa minta saran dan pendapat mereka.

 

Begitulah, siap untuk ke kantor baru? Untuk para senior, ada pengalaman saat masuk di perusahaan baru, atau saat menjadi intern? Share dong!

 

 PS: ini juga buat BlogBukik sebenarnya *_*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s