Menjadi Pemimpin yang Sempurna. Mungkinkah?

 

“There’s no such thing as a perfect leader either in the past or present. If there is one, he is only pretending, like a pig inserting scallions into its nose in an effort to look like an elephant.” –Liu Shao-ch’i

Wah, kenapa Liu Shao-ch’i beranggapan seperti itu ya? Kalau menurut saya, karna seorang pemimpin itu adalah seorang manusia. Manusia tidak ada yang sempurna, jadi janganlah kita mengharapkan bisa menjadi pemimpin yang sempurna.

Tapi, tidak berhenti disitu saja, sebagai manusia kita masih memungkinkan untuk menjadi sebaik-baik manusia. Pernah dengarkan, ungkapan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat.

Nah, lalu adakah cara agar kita menjadi sebaik-baik pemimpin? Jawabannya pasti ada, namun sebelum itu mari kita fahami dulu esensi pemimpin itu sendiri.

Selama ini saya selalu beranggapan pemimpin adalah sebutan untuk orang yang berkuasa. Dan kepemimpinan berarti proses saat pemimpin mengarahkan anggotanya untuk turut andil dalam kekuasaanya. Namun setelah saya kroscek di Wikipedia.com, kepemimpinan itu berarti proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnyadalam upaya mencapai tujuan organisasi.

leadership

Hal ini menjadikan hal yang paling esensial dalam menjadi pemimpin adalah mempengaruhi atau yang lebih kerennya menginspirasi.

Optimalisasi peran sebagai pemimpin yang menginspirasi bisa dimulai dengan mengenali lingkungan organisasi dan memahami dengan benar tujuan organisasi. Dengan mengenali dan memahami, kita bisa memastikan sikap seperti apa yang pas untuk diterapkan. Kita juga bisa merancang dengan efektif skema perjalanan organisasi kita. Ga ada itu namanya pemimpin galau. 😉 Saat peta jalan sudah ada, maka progress yang baik pasti akan di dapat. Nah, saat itu tuh anggota kita pasti terinspirasi dengan maksimal.

Selain itu untuk menjadi pemimpin yang lebih kece, kita juga perlu membangun lingkungan kerja yang solid. Karna, tau tidak, tim yang sukses itu adalah tim yang mempunyai kemampuan bersosial yang baik loh!

Membangun lingkungan kerja itu ga cuma memperhatikan aspek eksternal saja, aspek internal yaitu emosi para anggota juga penting untuk dibangun. Caranya,dengan membawa atmosfer menyenangkan ke dalam lingkungan kerja. Dimulai dari kita, sebagai pemimpin. Bersikap ramah, senyum selalu (walaupun sebenarnya banyak kerjaan yang belum selesai) adalah hal kecil yang bisa kita lakukan. +10 kalau kita mau membagikan snack untuk anggota, dan +40 kalau sekali dua kali mentraktir anggota. Saat anggota happy, maka tingkat produktivitasnya cenderung meningkat. Oh iya +10 lagi untuk para pemimpin yang kenal dekat dengan anggotanya, bahkan jadi tempat curhat untuk anggotanya 😉

Hal lain yang perlu dipoles dalam rangka menjadi pemimpin yang lebih baik adalah karisma. Mari jadi pemimpin yang suportif, jauh-jauh deh dari yang namanya tukang kontrol. Seimbangkan antara menjadi pemimpin yang tegas dan pemimpin yang baik. Jangan sampai deh, kita menjadi si bos galak atau si bos yang kehilangan hormat dari anggotanya.Ada trik khusus nih, saat rapat atau brainstorming ide untuk tujuan organisasi, jadilah penyeimbang yang baik dalam rapat. Buang egoisme yang ada, karna pemimpin yang baik sebenarnya bukan pemimpin yang paling kontributif. Namun yang bisa mendapatkan ide terbaik dari ide- ide yang baik. Tapi, tetap jaga karisma yah, dengan berbicara paling dulu, dan berbicara paling banyak. Untuk menegaskan bahwa kamu adalah pemimpinnya 😉

Saya yakin banyak diantara kamu yang berpengalaman sebagai pemimpin. Adakah diantara kamu yang menerapkan tips tips ini? Bagaimana hasilnya? Atau kamu punya tips lain?

PS: ini tulisan yang dikirim ketika mau coba jadi kontributor BlogBukik; tapi karna busy (malas) jadinya sarannya Om Bukik ga di jalanin dan tidak meneruskan tulisan *_*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s